Bogor, - Permata Bank kembali menghadirkan program Permata CERITA (Cinta dan Edukasi dari kiTA) yang digelar serentak di 23 kota di Indonesia sebagai bagian dari keberlanjutan. inisiatif Permata Hati-CSER & Sustainability for Social Impact, Tahun 2025 ini, lebih dari 500 karyawan Permata Bank yang tergabung sebagai Employee Volunteers (EVO) menjadi penggerak utama kegiatan. Melalui program ini, Permata CERITA berkomitmen untuk mendorong budaya menabung sejak dini sekaligus meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan bagi siswa mulai dari tingkat TK hingga SMA termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB).
Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025 menunjukkan adanya kenaikan indeks literasi keuangan nasional menjadi 66,46%, serta indeks inklusi keuangan mencapai 80,51%. Namun, kesenjangan masih terjadi di kelompok usia 15-17 tahun yang mencatatkan tingkat literasi keuangan terendah di Indonesia.
Direktur Utama Permata Bank, Meliza M. Rusli, mengungkapkan, program Permata CERITA ini merupakan bentuk nyata antusiasme Employee Volunteer Permata Bank dalam berpartisipasi aktif untuk mendorong pertumbuhan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. "Selain mendukung program dari OJK dan Bank Indonesia, CERITA kami harapkan dapat memberikan nilai tambah dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan keuangan yang memadai sejak dini serta kesadaran dalam melestarikan lingkungan dan yang terpenting mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Meliza, Jumat (10/10/2025).
Permata Bank menghadirkan Permata CERITA sebagai upaya strategis mendukung implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 51 Tahun 2017 tentang Keuangan Berkelanjutan. Program ini juga menjadi wujud nyata komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Permata Bank untuk memperluas akses literasi keuangan sejak dini, sekaligus mendorong terciptanya masyarakat yang lebih inklusif dan berdaya dalam membangun ekonomi berkelanjutan.
Melalui program ini, para siswa dibekali dengan panduan MODui finansiAL (MODAL) yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan usia mereka. Panduan ini memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan dan perbankan secara sederhana dan relevan dengan keseharian mereka. Tidak hanya belajar teori, para siswa juga diajak bermain melalui Permainan Simulasi Ular Tangga, sehingga konsep keuangan dapat dipahami dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti
Staran Pore Bersama: Indoka Literopi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat. OJK dan BPS Umumkan Hasil Surves Nasional Literasi Dan inklusi Keuangan SNL Tahun 2025.
Permata Bank
Sebagai bagian dari upaya membangun kesadaran lingkungan sejak dini, Permata CERITA menghadirkan sesi khusus yang mengangkat kisah seekor gajah yang kehilangan habitatnya. Melalui cerita tersebut, para siswa diajak bermain Gajah Tangga-permainan edukatif yang mengajarkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan dapat dimulai dari tindakan sederhana dalam kehidupan sehari-hari,
"Dengan diselenggarakannya Permata CERITA di Bogor, kami sangat mengapresiasi kerja sama dan minat para mitra kami terutama para siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan literasi keuangan yang kami hadirkan di sekolah mereka. Kami berharap kontribusi Permata Bank dalam program CERITA kali ini dapat sepenuhnya dirasakan manfaatnya oleh siswa-siswi dan para guru di sekolah yang kami datangi," tutup Suryadi Ong. Chief of Treasury Permata Bank.
Permata l, melakukan gerakan bersama yang telah menjangkau ribuan pelajar di seluruh Indonesia. Hingga tahun 2024, lebih dari 3.500 Employee. Volunteers telah ambil bagian dalam mengedukasi lebih dari 7.000 siswa dari 376 sekolah, membangun pondasi generasi muda yang lebih cerdas mengelola keuangan dan siap menghadapi tantangan ekonomi masa depan.
TENTANG PERMATA BANK
Permata Bank adalah bank lokal dengan visi regional dan jaringan global dan merupakan salah satu dari 10 bank terbaik di Indonesia dari sisi aset di industri perbankan serta terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (Kode: BNLII dengan pemegang sahom pengendali Bangkok Bank Public Company Limited,
Permata Bank terdepan dalam digitalisasi dengan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 6,6 juta nasabah di 61 kota di indonesia. Per 31 Agustus 2025, Permata Bank memiliki 203 kantor cabang & kantor kas, kantor cabang Syariah, dan cabang bergerak (Mobile Branch), 828 lokasi ATM dan lebih dari 22.000 outlet.
outlet tarik tunai tanpa kartu di Indomaret, akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima akses di jaringan), dan jutaan ATM lainnya di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus.
Permata Bank telah meraih berbagai penghargaan seperti Forbes Magazine-World's Best Banks in Asia 2024, Fortune 100-Indonesia's Biggest Companies 2024 (Fortune Indonesia), Service Excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, seperti Banking Service Excellence Award 2024 oleh majalah infoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia, Silver awards dari Asia-Pacific Stevie Awards 2024, The "Best Disclosure and Transparency" & Top 50 Score Emiten dengan Kapitalisasi Market Terbesar (Big Cap)-Governansi Korporat terbaik dari IICD CG Conference and Award 2024, Best Financial Integrity Rating (FIR) di KBMI 3-Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).
Permata Bank juga meraih predikat "Very Good" di Indonesia Best Digital Innovation Awards 2024 dari SWA, The 2nd Best in KBMI III Bank in Satisfaction, Loyalty, and Engagement dari Infobank, serta predikat "Excellent pada kategori Learning & Development and Knowledge Management, Top 3 dalam Infobank Isentia Digital Brand Appreciation 2025 (Best Debit Card, Best Credit Card, Best Mobile Banking, Best Conventional Bank), serta "Very Good" pada kategori Employer Branding and Talent Acquisition) di HR Excellence 2024 oleh SWA dan Lembaga Manajemen FEB UL.
TENTANG PERMATAHATI
Melalui aspirasi kami "Growing Together" (Tumbuh Bersamo) sebagai Bank lokal dengan jaringan global dan visi regional, Permata Bank mendukung keuangan berkelanjutan dan menjalankan fungsi tanggung jawab sosial dan lingkungan, melalui berbagai inisiatif program yang dijalankan oleh Permata Hati. Unit Corporate Social & Environment Responsibility (CSER) Permata Hatidi bawah Departemen Corporate Affairs, bagian dari Divisi Corporate Communications berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi bumi dan masyarakat Indonesia, melalui tiga pilar yaitu Education (pendidikan), Empowerment (pemberdayaan) dan Enhancement(peningkatan fasilitas), mendukung 10 aspek Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
Salah satu program flagship yang dijalankan setiap tahun adalah CERITA (Cinta dan Edukasi darI kiTA), yang terlaksana setiap bulan Oktober, sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Permata Bank, serta sebagai bentuk dukungan inisiatif Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) dari OJK, serta gerakan Ayo Menabung dari Bank Indonesia. Sejak 2024, Permata Hati memperluas fokus kegiatannya dengan kepedulian lingkungan, gkungan, yang diintegrasikan ke dalam berbagai programnya serta juga inisiatif baru yang bertujuan untuk menjaga kelestarian Gajah Sumatra sebagai salah satu satwa liar yang hampir punah.
Partisipasi aktif dari para karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteer (EVO) merupakan tulang punggung dan kunci keberhasilan dari semua kegiatan CSR yang dilakukan PermataBank, dimana EVO menyisihkan waktu dan tenaganya dalam memberikan pengajaran literasi keuangan dasar menggunakan MODul finansiAL (MODAL) untuk mendapatkan Poin Senyum. Setiap 15 Poin Senyum yang terakumulasi, PermataBank akan memberikan satu beasiswa bagi anak berprestasi yang kurang mampu. (Red)
publikasi HR


Social Footer