GRESIK, mediabhayangkara.id – Untuk mendekatkan diri kepada masyarakat serta memberikan edukasi terkait pelayanan, pada Kamis (23/10/2025) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik, terus menghadirkan inovasi pelayanan publik yang cepat, transparan, dan berorientasi pada kenyamanan masyarakat. Melalui program unggulan bertajuk "Polantas Menyapa", jajaran petugas Satlantas kini hadir lebih dekat dan humanis dalam memberikan layanan di unit loket Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).
Program ini menjadi langkah konkret kepolisian dalam memperkuat interaksi positif antara petugas dan masyarakat.
Dalam pelaksanaannya, anggota Satlantas aktif menyapa warga, berdialog santai, memberikan edukasi seputar tata cara pengurusan BPKB, serta membantu pemohon yang mengalami kendala administrasi kendaraan bermotor.
Upaya perbaikan serta terobosan yang berkesinambungan itu kini hasilnya mulai dirasakan masyarakat.
Baur BPKB Aipda Candra yang saat itu tengah bertugas di unit BPKB Samsat Polres Gresik menuturkan, kegiatan Polantas Menyapa di Pelayanan Publik menjadi sarana problem solving, di mana petugas secara langsung membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat terkait layanan BPKB.
“Dengan pendekatan ini, masyarakat bisa mendapatkan solusi cepat tanpa harus menunggu lama atau bolak-balik ke kantor pelayanan,” tutur Aipda Candra kepada awak media.
Sementara itu, Kasatlantas Polres Gresik AKP Rizki Julianda Putera Buna, S.I.K., dalam keterangannya menyampaikan bahwa program "Polantas Menyapa" menjadi sarana efektif untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih terbuka dan solutif.
Petugas tidak hanya memberikan layanan administratif, tetapi juga menjadi pendamping bagi masyarakat dalam setiap proses pengurusan dokumen kendaraan.
“Melalui pendekatan ini, Unit BPKB Satlantas Polres Gresik berupaya mewujudkan pelayanan yang ramah, sopan, dan profesional,” jelas AKP Rizki.
Melalui kegiatan Polantas Menyapa ini, kami ingin memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat agar memahami proses pelayanan BPKB, terutama Mutasi Keluar dan Mutasi Masuk kendaraan bermotor.
“Kami menekankan bahwa pelayanan di Samsat Polres Gresik dilakukan secara profesional, transparan, dan tanpa pungutan liar. Tujuan kami adalah agar masyarakat merasakan kenyamanan dan kepercayaan terhadap Polri dalam setiap layanan publik,” tandasnya.
Salah satu, Wawan (38), mengungkapkan apresiasinya terhadap pelayanan di Samsat Polres Gresik.
“Proses mutasi kendaraan saya berjalan cepat dan jelas. Petugasnya ramah dan membantu dari awal sampai selesai. Saya jadi tahu langkah-langkahnya tanpa bingung. Pelayanannya sangat baik dan transparan,” ujarnya.
Senada dengan itu, Rina (41), juga menyampaikan rasa puasnya setelah mendapatkan penjelasan langsung dari petugas Polantas.
“Biasanya saya agak bingung kalau soal mutasi kendaraan, tapi setelah dijelaskan langsung, jadi paham. Petugasnya sopan, komunikatif, dan tidak ada pungutan di luar ketentuan. Sangat membantu masyarakat seperti saya,” tuturnya.
Melalui kegiatan "Polantas Menyapa" di Pelayanan BPKB Samsat Polres Gresik menunjukkan konsistensi dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
Kegiatan ini diharapkan dapat terus menjadi sarana interaktif antara Polri dan masyarakat dalam membangun kesadaran hukum dan budaya tertib administrasi kendaraan bermotor. (HR)

Social Footer